Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan Untuk Radio Hobby

Amatir radio ( radio ham)  sebagian besar merupakan kegiatan hobi. Sebagian besar waktu hobi dihabiskan untuk membuat kontak dan mempunyai percakapan dengan orang-orang di daerah-daerah yang jauh serta dengan budaya yang berbeda. Komunikasi dua arah, mengidentifikasi lokasi mereka seperti; stasiun, zona, wilayah, dan tempat adalah kebiasaan yang biasa. Hal ini selalu diikuti dengan komunikasi kasual lain. Jika kontak tersebut di buat untuk kontes untuk membuat komunikasi dua arah dengan banyak stasiun ataupun operator radio ham mungkin, dengan ini semua informasi bisa dibagikan.
kegiatan untuk hobi radio
Sumber Gambar; Google Search

DX-ing dan DX-peditions;
Hobi utama radio Operator amatir adalah untuk melakukan kontak dengan banyak stasiun mungkin dari sebagai banyak bagian dunia, hal ini bukan hal yang tidak mungkin. DX singkatan Stasiun Distant. DX-ing biasanya diikuti dengan QSO. (Q kode) yang berarti "percakapan".

DX-peditions berbeda dalam arti bahwa mereka adalah ekspedisi yang diselenggarakan atau direncanakan semata-mata, untuk tujuan membuat kontak dengan beberapa stasiun khusus atau langka dan daerah, beberapa orang melakukan perjalanan jarak jauh hanya untuk melakukan kontak dengan beberapa daerah terwakili atau tempat.

Scanner Radio Frequency sudah tersedia sekarang sebagai upaya dalam penggunaan alat besar, scan scanner radio untuk sinyal sampai sinyal yang kuat dapat ditemukan dan sebagainya.

Kartu QSL:
Kode Q adalah kumpulan standar pengkodean pesan tiga huruf; semua diawali dengan huruf "Q", awalnya dikembangkan sebagai komunikasi telegrafi radio komersial, lalu kemudian diadopsi oleh layanan radio lainnya, khususnya Radio amatir. Dalam usia transmisi sinyal audio sekarang ini, kode Q tidak penting. namun masih digunakan dan di pandang sebagai semacam tradisi.

Sebagai bagian dari DX-ing dan DX-peditions, kartu QSL atau bukti kartu kontak di bagi. QSL adalah salah satu seperti Q-kode yang berarti; "Saya mengakui penerimaan". Praktek umum adalah bahwa orang-orang yang melakukan kontak pada frekuensi tertentu dapat bertukar kartu QSL dalam surat untuk mengkonfirmasi kontak serta percakapan mereka. Kartu QSL ini dapat digunakan sebagai bukti kontak pembuatan dan operator amatir yang melakukan kontak dengan sejumlah operator radio amatir lainnya dalam waktu tertentu yang diberikan. Selain itu, mereka dapat dibedakan dan dihormati karena mereka di anggap operator radio amatir efisien.

Terpencil wilayah Penghubungan;
Beberapa negara memiliki operator radio kurang amatir, dan melakukan kontak dengan ini di anggap istimewa. Jadi ketika seorang amatir radio dari suatu daerah  membuat kontak, operator ham lainnya akan berbondong-bondong untuk membuat komunikasi dengan ini. Dengan melakukan kontak dengan tempat-tempat yang kurang terwakili memiliki penghargaan dan pertimbangan khusus dalam program penghargaan.

Hamfests;
Acara sosial untuk keluarga ham serta teman-teman. Ini sesuatu yang mirip dengan berorientasi keluarga fests sosial di mana ada penjualan, pertukaran, pertemuan serta hal menyenangkan. Demikian pula fest di isi dengan menjual dan bertukar ham, bertemu kehidupan nyata teman ham serta acara menyenangkan untuk satu hari atau kadang-kadang lebih dari beberapa hari.

kelompok diskusi dan Nets;
Operator Ham yang membentuk kelompok diskusi berdasarkan kepentingan bersama selain ham atau juga bisa kelompok diskusi ham terkait dan dengan begitu mereka dapat membentuk jaring atau jaringan.

Jika hobi radio tersebut terlibat dengan semua kegiatan yang berbeda, anda pasti pernah bosan. Jadi anda perlu melihat ke dalam beberapa dari mereka dan lihat apakah Anda ingin terlibat.

Baca Berita Dapatkan Uang!!! Jangan Ketinggalan!!!
Dear friend, saya baru saja mendapat Rp300 di BuzzBreak! Bergabunglah sekarang dan Anda bisa mendapatkan --->Rp200.000.
Kabar gembira, anda membaca berita juga mendapat uang!
Silahkah Join, karena tidak ada salahnya mencoba:
Bagi yang memiliki Wallet DANA, wd jauh lebih mudah!