Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Teknologi Di Indonesia

Perkembangan Teknologi Di Indonesia-Pada kenyataannya perkembangan teknologi ada di mana-mana, asalkan manusia memakai akalnya dan menggunakan alat guna menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Sesungguhnya di Indonesia teknologi sudah lama berkembang, namun yang dikembangkan yaitu; teknologi sederhana. Dalam  beberapa hal  mungkin di Indonesia sudah dikembangkan teknologi madya yang jumlahnya masih rendah atau jumlahnya masih terbatas.

Perkembangan teknologi yang tinggi terjadi dan cukup pesat pada masa pembangunan; yakni sejak dilaksanakannya pelita I. Perkembangan di masa itu diawali dengan teknologi yang berupa sistem komunikasi Satelit Domestik Palapa A1 yang dan sekarang sudang mencapai generasi C2. Awalnya satelit tersebut pemanfaatannya masih terbatas pada bidang komunikasi masa dan jangkauannya masih terbatas di beberapa wilayah saja saat itu.
satelit palapa

Sejalan dengan berjalannya waktu pemanfaatan satelit pun semakin luas, misal; kepentingan telekomunikasi dan jaringan internet jangkauannya bukan hanya di negara-negara Asean saja dan negara-negara di sekitar Indonesia. Perkembangan yang terarah  dan terencana yakni di mulai setelah B. J Habibie menjabat sebagai menteri yang sekaligus pemikir dan beliau juga sebagai pemimpin perkembangan teknologi di Indonesia.

Perkembangan teknologi akhirnaya bertolak dari kondisi dan karakteristik wilayah serta kebutuhan pembangunan di bawah pimpinan Habibie. Saat itu perkembangan teknologi diarahkan bukan hanya untuk kepentingan ekonomi saja, tetapi juga untuk kepentingan politik (Intergritas Bangsa), sosial budaya, maupun aspek-aspek lain.

Menurut B. J Habibie (1983) ada 8 wahana transformasi yang di prioritaskan dalam perkembangan teknologi industri yaitu;
1.Industri persawat terbang.
2.Industri Perkapalan dan Maritim.
3.Industri alat-alat transportasi udara, darat, dan laut.
4.Industri telekonunikasi dan elektronika.
5.Industri Energi.
6.Industri Rekayasa.
7.Industri alat-alat dan mesin-mesin pertanian.
8.Industri keamanan dan pertahanan.

Indonesia pun memiliki pusat-pusat pengembangan teknologi dan Ilmu. Pusat perkembangan terbesar yakni pusat perkembangan ilmu pengetahuan (puspitek) yang lokasinya di Tangerang, Jawa Barat. Pusat perkembangan tersebut telah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Dan ada sejumlah laboratorium yang dimiliki puspitek, diantaranya; laboratorium uji konstruksi, laboratorium kalibrasi, laboratorium kimia, laboratorium instrumental, laboratorium energi, laboratorium metalurgi, dan reaktor penelitian serba guna dengan beberapa laboratorium penunjangnya.

Dalam pengkajian maupun penerapan teknologi Indonesia memiliki badan khusus yakni, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), kepemimpinannya di rangkap oleh menteri riset dan teknologi. Selain itu ada juga lembaga lain yang mengadakan pengkajian tentang ilmu pengetahuan yakni lembaga ilmu pengetahuan Indonesia ( LIPI). Sebelum didirikan Puspitek dan BPPT, sebenarnya Indonesia juga memiliki pusat penelitian astronomi di Lembang, Bandung yang lebih di kenal dengan nama Peneropong Bintang. 

Di  dalam bidang tenaga atom , Indonesia memiliki 2 pusat reaktor atom, yakni; pusat reaktor Bandung serta pusat reaktor kartini Yogyakarta. Perguruan tinggi juga berperan dalam perkembangan teknologi, perkembangan Ilmu, dan Pengkajian sebagai realisasi dari salah satu tridharmanya, yakni dharma penelitian. Meskipun tahap perkembangan belum sama, namun fungsi pengembangan dan penelitian pada perguruan tinggi telah berjalan.

Terdapat beberapa perguruan tinggi terkemuka dan beberapa perguruan tinggi yang masih miskin dengan penelitian dan perkembangan yang sangat berarti. Perguruan yang cukup maju dalam penelitian serta perkambangan yakni: Universitas Indonesia untuk bidang kedokteran dan ekonomi; Institut Pertanian bogor untuk bidang pertanian, peternakan dan kehutan; Institut Teknologi Bandung untuk bidang teknologi dan rekayasa; Universitas Padjadjaran; Universitas Gajah Mada; dan Universitas Airlangga untuk bidang ekonomi.

Demikian artikel yang berjudul "perkembangan teknologi di Indonesia", kurang lebihnya mohon maaf, dan semoga bermanfaat untuk semuanya.
Baca Berita Dapatkan Uang!!! Jangan Ketinggalan!!!
Dear friend, saya baru saja mendapat Rp300 di BuzzBreak! Bergabunglah sekarang dan Anda bisa mendapatkan --->Rp200.000.
Kabar gembira, anda membaca berita juga mendapat uang!
Silahkah Join, karena tidak ada salahnya mencoba:
Bagi yang memiliki Wallet DANA, wd jauh lebih mudah!