Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Datangnya Islam di Indonesia

Datangnya Islam di Indonesia
Mengenai kapan pertama kalinya islam masuk ke indonesia sebagai agama ataupun kekuatan budaya yang sebelumnya belum diketahui pasti. Pada umumnya para ahli berpendapat bahwa islam masuk atau mencapai indonesia sekitar paruh kedua abad ke- 13. Namun terdapat pula tanda-tanda bahwa Islam datang pada masa yang lebih awal lagi. Batu nisan makam yang bertuliskan nama Fatimah binti Maimun yang terletak di Leran (Gresik) serta berangka tahun 1082 Masehi, mungkin merupakan bukti yang nyata terkait tentang masuknya Islam di Indonesia pada akhir abad ke- 11. Dengan adanya sebuah batu berukir di daerah Lubuk Tua pantai barat sumatera menunjukan pula bahwa kemungkinan Islam sudah masuk di Sumatera pada masa yang lebih tua lagi.
Datangnya Islam di Indonesia
Gambar: Cover Buku
Pendapat para ahli yang menyatakan bahwa islam datang ke Indonesia pada sekitar pertengahan abad ke dua yakni abad ke- 13 lebih mencerminkan dan didukung oleh fakta- fakta historis. 

Berita Marco Polo yang singgah di Samudra Pasai 1292 dalam perjalanannya pulang dari Cina membenarkan pendapat tersebut. Ia juga datang di Perlak (Peureula) dan menjumpai pendudukan yang beragama Islam serta dijumpai banyak pula para pedagang-pedagang India yang giat menyebarkan Agama Islam.

Berita Ibnu Batuta yang datang berkunjung ke Samudra Pasai 1345 dan bukti-bukti arkeologis batu Nisan makam Sultan Malik al Saleh yang berangka 1297 Masehi memperkuat pendapat bahwa islam datang pada abad ke- 13.

Dalam hal ini perlu dibedakan dalam 3 pengertian yakni, masa kedatangan, proses penyebaran dan perkembangan agama Islam.
Abad Ke-7 dipandang sebagai awal kedatangan Islam di indonesia, namun belum dimungkinkan bagi para pedagang Islam untuk melakukan proses Islamisasi mengingat masih kuatnya kekuasaan Indonesia-Hindu Sriwijaya. Untuk dapat melakukan proses Islamisasi memerlukan sekitar 5 atau 6 abad yang kemudian terbentuk kekuasaan politik bercorak Islam Samudra Pasai. Dan sejak itulah dimungkinkan penyebaran islam dan perkembangan Islam keluar pusat kerajaan.

Para ahli berpendapat kedatangan Islam di Indonesia Abad ke- 7 berdasarkan adanya pemukiman orang-orang Ta-shih di beberapa tempat wilayah di Sriwijaya yang menyimpulkan bahwa Islam datang langsung dari negeri Arab. Tetapi pendapat tersebut masih lemah.

Berdasarkan pendapat ataupun teori-teori di atas tidaklah mudah untuk dapat menentukan secara pasti kapan dan dimana asal Islam yang datang ke Indonesia ini. Yang pasti berdasarkan bukti-bukti historis yang kongkret Islam telah datang dari Gujarat dan masuk ke Indonesia sekitar abad ke -13 atau lebih awal sekitar abad ke- 12. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Islam telah datang ke Indonesia sejak abad yang lebih tua lagi sekitar abad ke -7 mengingat sejak zaman kuno pula letak geografis Indonesia telah mengambil peran penting sebagai penghubung pelayaran dan perdagangan antara kedua bagian Barat dan Timur dari benua Asia. Tetapi datangnya Islam langsung dari arab masih kurang mendapat dukungan fakta-fakta historis yang kuat. Justru ada kemungkinan Islam itu datang dari Benggala, Campa atau Malaka mengingat unsur-unsur mistik didalamnya yang pada hakikatnya justru ikut memperlancar untuk di terima oleh bangsa Indonesia.

Demikian Ulasan yang bisa saya sampaikan, yang berjudul "Datangnya Islam di Indonesia".
Sumber Referensi Berasal dari Buku ;
Prof. A. Daliman, Islamisasi dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Ombak, Yogyakarta, 2012.
Baca Berita Dapatkan Uang!!! Jangan Ketinggalan!!!
Dear friend, saya baru saja mendapat Rp300 di BuzzBreak! Bergabunglah sekarang dan Anda bisa mendapatkan --->Rp200.000.
Kabar gembira, anda membaca berita juga mendapat uang!
Silahkah Join, karena tidak ada salahnya mencoba:
Bagi yang memiliki Wallet DANA, wd jauh lebih mudah!